Berita‎ > ‎

BAZNAS Buat Forum Fundraising Indonesia

diposting pada tanggal 27 Jan 2018 15.12 oleh Baznas Batam
BAZNAS Buat Forum Fundraising Indonesia



Forum tersebut dibuat khusus untuk para pegiat fundraising di berbagai lembaga zakat

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama lembaga-lembaga zakat lainnya sedang membuat Forum Fundraising Indonesia. Forum tersebut dibuat khusus untuk para pegiat fundraising (penggalang dana) di berbagai lembaga zakat. Salah satu tujuannya untuk mendorong kemajuan lembaga-lembaga zakat.

"Kita akan melahirkan Forum Fundraising Indonesia, nantinya ada kegiatan forum yang rutin untuk menguatkan fundraisingdi masing-masing lembaga zakat," kata Deputi Baznas, Arifin Purwakananta kepada Republika di Kantor Baznas, Jumat (26/1).

Arifin mengatakan, Forum Fundraising Indonesia akan menjadi payung bagi profesi fundraising. Sebab, selama ini fundraisingbelum menjadi profesi. Fundraising hanya menjadi pekerjaan para relawan saja, karena pekerjaan fundraising tidak banyak diminati.

Ia menerangkan, fundraising belum menjadi pilihan masyarakat untuk berprofesi. Maka dengan adanya Forum Fundraising Indonesia, Baznas ingin mendorong fundraising menjadi salah satu profesi yang menarik bagi anak-anak muda Indonesia yang pandai dan Islami.

"Dengan majunya profesi fundraising, tentu pengumpulan zakat dari lembaga-lembaga akan menguat, ujungnya akan bisa menguatkan gerakan zakat Indonesia," ujarnya.

Arifin juga menyampaikan, kalau fundraising sudah menjadi profesi. Maka orang yang bekerja sebagai fundraising harus punya kualifikasi, berkualitas dan mengikuti training. Mereka juga bisa membuat forum profesi, seperti profesi-profesi lainnya.

Lembaga Amil Zakat Infaq dan shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan NU Care - Lembaga Amil Zakat Infaq dan shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) menyambut baik gagasan membuat Forum Fundraising Indonesia. Sebab, saat ini pekerjaan menjadi fundraising sangat jarang diminati. Oleh karena itu Lazismu dan NU Care-Lazisnu menilai fundraising perlu menjadi sebuah profesi.

Comments