Berita‎ > ‎

Baznas Kucurkan Bantuan Rp1 Miliar untuk Suku Asmat

diposting pada tanggal 24 Jan 2018 04.54 oleh Baznas Batam
Baznas Kucurkan Bantuan Rp1 Miliar untuk Suku Asmat
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)

Baznas juga akan membuat jaringan Kader Sehat Papua.

Reporter : Muhammad Ilman Nafi

Dream - Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit campak dan gizi buruk sedang melanda Suku Asmat di Kampung Nakai, Distrik Pulau Tiga dan Kota Agats, Papua. Untuk membantu Suku Asmat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan mengirim tim medis dan logistik.

Dalam bantuan ini, Baznas mengucurkan uang sebesar Rp1 miliar selama enam bulan pertama.

" Baznas malam ini akan mengirimkan tim perintis kemerdekaan Asmat selama dua pekan, dilanjutkan tim yang menetap selama enam bulan," kata Pimpinan Crisis Center Baznas Meizi Fachrizal Achmad di Kantornya, Jakarta, Kamis, 18 Januari 2018.

Dia menuturkan untuk tahap awal tim Baznas akan memetakan apa yang dibutuhkan pada warga di sana. " Tim medis akan sosialisasi, mendeteksi dini, gejala campak seperti apa," ucap dia.

Guna memudahkan pemberian bantuan, Baznas juga berkoordinasi dengan mitra lokal. Termasuk kepala suku yang ada di wilayah tersebut agar distribusinya bisa merata.

" Agar tidak tumpang tindih kami bekerja sama dengan tim lain," ucap dia.

Untuk tahap lanjutan, kata dia, Baznas akan membangun jaringan Kader Sehat Papua yang terdiri dari warga lokal. Sehingga, masyarakat dapat mengetahui pengetahuan untuk menjaga kesehatannya. (ism) 

Comments