Berita‎ > ‎

Baznas Sultra Ajak Umat Islam Berzakat Melalui Amil

diposting pada tanggal 4 Mar 2018 06.11 oleh Baznas Batam
Baznas Sultra Ajak Umat Islam Berzakat Melalui Amil



Melalui Amil, penerimaan zakat bisa lebih maksimal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mengajak masyarakat di daerah itu untuk membayarkan zakat melalui amil atau pihak yang bertindak mengumpulkan zakat.

"Dalam setiap kesempatan kami sampaikan agar warga yang ingin berzakat untuk menyalurkan melalui amil sesuai dengan syariah," kata Ketua Baznas Sultra, Hasby Saing, di Kendari, belum lama ini.

Ia mengatakan, kalau masyarakat membayar zakat melalui amil, maka penerimaan zakat bisa lebih maksimal dan penyalurannya juga lebih terukur, tidak hanya sebagai santunan tetapi juga bisa untuk pemberdayaan.

"Potensi zakat kita besar, masalahnya masih banyak warga Sultra yang enggan membayar zakat ke amil, dan memilih membayar zakat langsung kepada penerima zakat atau Mustahiq," katanya.

Disebutkan, zakat yang dikumpulkan oleh lembaga yang dipimpinnya itu adalah zakat mal atau zakat harta. Sedangkat zakat fitrah katanya, diserahkan langsung oleh pengelolaannya melalui masjid namun di bawah koordinasi Baznas daerah.

Menurut dia, pembayaran zakat harta saat ini di Sultra masih didominasi kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS), sehingga masih terbatas yang bisa terkumpul. "Pada 2017 zakat harta yang terkumpul di Baznas sebanyak Rp1 miliar. Semog tahun ini bisa melebihi dari tahun sebelumnya," ujarnya.

Comments