Berita‎ > ‎

Mendagri: Zakat Membantu Kurangi Kemiskinan

diposting pada tanggal 15 Des 2016 23.51 oleh Baznas Batam   [ diperbarui15 Des 2016 23.56 ]

Mendagri: Zakat Membantu Kurangi Kemiskinan

Ketua Baznas Bambang Sudibyo bersama Staf Ahli Mendagri Nuryanto dalam acara pembukaan Rapat Koordinasi Baznas dengan kepala daerah di Jakarta (ist)

Ketua Baznas Bambang Sudibyo bersama Staf Ahli Mendagri Nuryanto dalam acara

pembukaan Rapat Koordinasi Baznas dengan kepala daerah di Jakarta (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) memiliki kontribusi yang besar dalam membantu pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan.“Pemerintah mentargetkan Tahun 2017 angka kemiskinan menurun menjadi 11 persen,” pesan Tjahjo dalam sambutannya yang dibacakan staf ahli Kemendagri Nuryanto dan anggota Baznas pada acara Rapat Koordinasi Baznas dengan kepala daerah di Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Hadir dalam acara itu, Ketua Baznas Bambang Sudibyo, anggota Baznas Mundzir Suparta dan lainnya, serta sejumlah perwakilan kepala daerah.Tjahjo mengatakan potensi zakat nasional sekitar Rp200 triliun, namun dalam pengumpulan zakat tersebut belum optimal, dan tingkat pengumpulan zakatnya masih satu persen dari Rp200 triliun.

Menurut Tjahjo, zakat merupakan ibadah dan untuk kepentingan umat. Alasannya, program kerja Baznas sejalan dengan pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan.

Mendagri mendesak agar kepala daerah segera menyelesaikan keanggota Baznas berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat.Sedangkan Bambang Sudibyo dalam sambutannya mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan para kepala daerah terkait masih banyak Baznas provinsi, dan kabupaten/kota yang belum menyelesaikan peraturan perundang-undangan, terkait kepengurusan Baznas di daerah. (johara)

Comments