Berita‎ > ‎

Presiden Jokowi Serahkan Zakat Rp 40 Juta Lewat Baznas di Istana

diposting pada tanggal 3 Jul 2016 09.26 oleh Baznas Batam
Selasa 28 Jun 2016, 13:10 WIB

Presiden Jokowi Serahkan Zakat Rp 40 Juta Lewat Baznas di Istana

Ray Jordan - detikNews
Presiden Jokowi Serahkan Zakat Rp 40 Juta Lewat Baznas di IstanaFoto: Ari Saputra
Jakarta - Presiden Joko Widodo hari ini membayar kewajiban zakat sebagai seorang muslim di Istana Kepresidenan, Jakarta. Jokowi menyalurkan zakatnya lewat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Ketua Baznaz Bambang Sudibyo mengatakan, Presiden Jokowi menyampaikan amanah zakatnya kepada Baznas sebesar Rp 40 juta.

"Sebesar Rp 40 juta. Itu zakat profesi dan zakat maal," kata Bambang saat ditemui wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (28/6/2016).

Bambang mengatakan, Presiden menitipkan pesan agar pembayaran zakat ini lebih digaungkan. "Presiden minta ini untuk digelorakan," katanya.

Bambang pun menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Jokowi karena telah menjadi tauladan baik bagi rakyat Indonesia karena telah menyalurkan zakatnya lewat pengelola zakat yang resmi. 

Bambang mengatakan, selama 2015, zakat yang berhasil dihimpun oleh Baznas secara nasional sebesar Rp 3,6 triliun. Baznas pun menargetkan, selama bulan Ramadan 2016 ini diharapkan jumlah zakat yang terhimpun mencapai angka Rp 2 triliun.

"Di bulan Ramadan saja target kami Rp 2 triliun se-Indonesia, dari pusat provinsi kabupaten/kota. Di tengah Ramadan ini sudah Rp 1 triliun. Tahun lalu malah satu bulan Ramadhan Rp 1 triliun sekian. Target kami naikkan. Kalau target satu tahun itu kami naikkan dari Rp 4 triliun menjadi Rp 5 triliun se-indonesia untuk 2016. Sedangkan untuk Ramadan saja tahun ini ditargetkan Rp 2 triliun," jelasnya.

"Itu yang dihimpun lembaga amil zakat yang resmi. Di pusat ada Baznas, di provinsi ada 34 Baznas provinsi dan ada juga Baznas kabupaten/kota, di samping ada 250 Lembaga Amil Zakat yang swasta. Masih banyak zakat-zakat yang dibayarkan pada lembaga-lembaga di luar itu yang tentu tidak kita hitung. Termasuk zakat yang disalurkan sendiri," tambahnya.

(jor/Hbb)
Comments