Berita‎ > ‎

Sistim Informasi Mustahiq Baznas - LAZ ( SIMBAL ) Kepri

diposting pada tanggal 25 Mei 2017 07.37 oleh Baznas Batam   [ diperbarui25 Mei 2017 08.20 ]
Sistim Informasi Mustahiq BAZNAS - LAZ 
( SIMBAL ) Kepri
Oleh: Drs. Hamzah Johan (Waka 1 Baznas Kota Batam)


www.baznasbatam.com. Acara Silaturrahim Sambut Ramadhan 1438 H yang dihadiri oleh Pimpinan Baznas Kota Batam, Pimpinan Baznas Provinsi Kepri dan Para Pimpinan LAZ (Lembaga Amil Zakat) Se Kepri pada hari Rabu 24 Mei 2017 bertempat di Aula Kantor Baznas Kota Batam menghasilkan kesepakatan untuk meningkatkan tata kelola zakat di Kota Batam khususnya dan Kepri pada umumnya.

Pertemuan ini tertuju kepada persiapan menghadapi bulan suci Ramadhan 1438 H/2017M sekaligus membahas tentang tantangan bersama untuk mengimplementasikan pasal 26 UU RI nomor 23 tahun 2011 yang berbunyi : "Pendistribusian zakat, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25, dilakukan berdasarkan skala prioritas dengan memperhatikan prinsip pemerataan, keadilan, dan kewilayahan". 

Selama ini Data Pendistribusian tertutup pada masing-masing lembaga sehingga membuat kemungkinan mustahiq tertentu memperoleh bantuan berlipat ganda. Oleh sebab itu perlu adanya solusi yang harus ditempuh bersama, baik Baznas Se Kepri maupun LAZ Se Kepri.

Baznas Kota Batam, pada Rakorwil terdahulu di Tanjung Pinang mengusulkan agar dibuat Sistim Informasi Mustahiq BAZNAS-LAZ (SIMBAL) Kepri, menjadi Database bersama. Dan pada pertemuan ini Baznas Kota Batam menjawab solusi tersebut dengan memanfaatkan google-forms yang dapat diakses oleh masing-masing lembaga melalui www.baznasbatam.com. Dan semoga SIMBAL-Kepri ini dapat menjadi contoh di provinsi lainnya.

Menariknya pertemuan kali ini antara BAZNAS dan LAZ saling memberi saran yang konstruktif dan penuh keakraban bersempena dengan suka cita menyambut bulan suci Ramadhan 1438H. 

Comments