BULETIN‎ > ‎

KESALEHAN SOSIAL

diposting pada tanggal 19 Okt 2017 20.10 oleh Baznas Batam

KESALEHAN SOSIAL



Ahmadin, SE, MM, M.SI


Sifat kesalehan yang harus ditunjukkan oleh seorang muslim adalah karakter Iman yang selalu harus menjadi performance kuat dari seorang muslim. Lihatlah bagaimana orang-orang lain begitu bangga dengan agama dan keimanannya bahkan sampai ditunjukkan pada khalayak ramai, namun apakah kita memiliki keberanian seperti itu? Inilah letak dan perbedaan Islam dengan Iman yang dimiliki harus disertai dengan kesalehan dalam mengaplikasikannya. Kesalehan sosial seseorang harus ditunjukkan dengan aplikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Ketika seseorang muslim dituntut untuk mengaplikasikan kesalehan tersebut, maka tanpa diminta harus muncul keberanian untuk menunjukkannya, bukan karena ingin dipuja ataupun lainnya tapi dorongan Iman yang menjadi dasarnya. Memahami konteks kesalehan sosial seharusnya dimulai dari kesalehan pribadi, karena banyak orang berkata terkadang saleh secara pribadi namun tidak atau kurang secara sosial. Mementingkan hablum minallah sementara tidak disertai dengan hablum minan nas.

“Kesalehan sosial” merujuk pada pribadi (prilaku) seseorang yang tentunya sangat peduli dengan nilai-nilai islam dan sosial. Contohnya concern terhadap masalah-masalah umat, memperhatikan dan menghargai hak sesama, mampu berpikir berdasarkan perspektif orang lain, memiliki empati, mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain. Selain itu kesalehan sosial juga ditandai dengan seberapa besar seseorang memiliki kepekaan sosial dan berbuat kebaikan untuk orang-orang di sekitarnya, sehingga keadaan orang lain dapat memberikan kenyamanan, kedamaian dalam berinteraksi dan bekerjasama serta bergaul dengannya.

Tidak ada tawar menawar terhadap bentuk dari kesalehan sosial maupun kesalehan pribadi karena keduanya memiliki kepastian berhubungan dengan sang Khalik dan Mahluk maka diperlukan totalitas dalam menjalankannya. Dampak dari kesalehan sosial memberikan kontribusi langsung terhadap lingkungan di masyarakat. Zakat sesungguhnya adalah manifestasi dari kesalehan pribadi yang muncul untuk diaplikasikan ke dalam kesalehan sosial. Begitu banyak manfaat yang bisa diambil dari kesalehan sosial dengan berzakat. Karena zakat adalah instrumen yang paling berarti didalam kemanfaatannya. Orang yang berzakat menunjukkan identitas pribadi yang memahami konteks sosial sekaligus dituangkan (diaplikasikan) ke dalam hubungan sesama manusia. Karena itu konteks kesalehan sosial seseorang tidak hanya diukur dari ibadah ritualnya saja, seperti shalat dan puasa, tetapi juga dapat dilihat dari output sosialnya berupa nilai-nilai dan prilaku sosial kepada sesama dan mau membantu orang lain.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Nabi Saw mendengar tentang berita seorang yang rajin ibadahnya, tetapi tidak pandai menjaga lisannya menyakiti saudaranya, lalu nabi dengan singkat berkata, “bahwa orang tersebut di neraka” ini memperlihatkan kepada kita bahwa ibadah pribadi seseorang belum cukup menjadi jaminan tetapi harus dibarengi juga dengan kesalehan sosial. Dalam hadits lain diceritakan, bahwa seorang sahabat pernah memuji kesalehan orang lain di depan Nabi. Kemudian Nabi bertanya, “Mengapa ia kau sebut sangat saleh?” tanya Nabi. Sahabat itu menjawab, “Soalnya, tiap saya masuk masjid ini dia sudah shalat dengan khusyuk dan tiap saya sudah pulang, dia masih saja khusyuk berdoa.”  “Lho, lalu siapa yang memberinya makan dan minum?” tanya Nabi lagi. “Kakaknya,” sahut sahabat tersebut. Lalu kata Nabi, “Kakaknya itulah yang layak disebut saleh.” Sahabat itu diam.

Begitulah bahwa ukuran kesalehan begitu jelas terbentuk, karena kesalehan tidak dilihat dari ketaatan dan kesungguhan seseorang menjalankan ibadah secara pribadi saja, tetapi kesalehan juga dilihat dari dampak konkrit dalam kehidupan di masyarakat. Kesalehan terlihat dari tindakan dan nyata seseorang dalam hubungannya dengan sesama manusia, artinya bahwa tidak hanya rajib ibadah tetapi berperilaku baik kepada sesama sebagai manifestasi dari ibadahnya itu. Wallahu’alam

Comments