PROPOSAL FESTIVAL BESTARI 2017 BAZNAS KOTA BATAM

Post date: Dec 24, 2017 3:20:36 AM

PROPOSAL

FESTIVAL BESTARI 2017

BAZNAS KOTA BATAM

PENDAHULUAN,

Kota Batam sebagaimana semboyannya di arahkan untuk terwujudnya kota Batam sebagai bandar dunia madani yang modern dan menjadi andalan pusat pertumbuhan perekonomian nasional. Dengan demikian, kita semua paham bahwa Batam akan menjadi kota modern. Layaknya kota modern, tata kehidupan Batam pun berubah menjadi metropolis dimana aspek sosial religious akan tergerus dan bergeser menjadi hedonis materialistis. Hal ini bisa dipahami karena lokomotif pertumbuhan ekonomi kota Batam banyak ditopang oleh sektor industri, perdagangan dan pariwisata.

Sementara itu, kehidupan kota Batam di arahkan untuk menjadi madani dimana aspek budaya dan nilai-nilai keagamaan menjadi basis sosial yang harus dijalankan dalam kegiatan seharihari. Justru yang terjadi adalah dampak buruk modernisasi dan globalisasi kota Batam menyeruak hampir disemua sendi kehidupan.

Batam sebagai mainland, dampak modernisasi ini seakan telah menyatu dalam roda kehidupan masyarakat Batam sehari-hari. Sementara kota Batam memiliki 356 pulau-pulau kecil di sekitaran pulau Batam atau disebut hinterland, turut menjadi penopang kehidupan masyarakat kota Batam yang madani. Di hinterland atau daerah pesisir dan pulau-pulau sekitaran Batam menjadi tumpuan bagaimana masyarakat madani bisa dipertahankan.

Melalui program-program pembinaan di bidang sosial keagamaan, pendidikan, perekonomian dan kesehatan, berberharap bisa memberikan kontribusi positif bagi kehidupan kota Batam yang madani. Disinilah nilai strategis program penempatan Dai Pesisir dan Guru Anak Pesisir oleh BAZNAS Batam di wilayah pesisir kota Batam. Sebagaimana diketahui bahwa program BAZNAS dengan penempatan Dai dan Guru Anak Pesisir telah berjalan hampir 15 (lima belas) tahun di wilayah Kecamatan Belakang Padang, Bulang dan sekitarnya. Hingga saat ini ada 48 tenaga dai dan guru anak pesisir yang bergabung dan terus melakukan pembinaan di tengah-tengah masyarakat. Sehubungan dengan itu, BAZNAS Kota Batam sebagai pengelola dan penanggungjawab program berinisiatif untuk menampilkan capaian-capaian yang telah dilakukan oleh para dai dan guru anak pesisir dalam sebuah kegiatan FESTIVAL tahunan.

MAKDUS & TUJUAN,

Kegiatan FESTIVAL tahunan ini dimaksudkan untuk : 1. Menjadi ajang pertemuan (silaturahim) tahunan diantara para DAI & GURU ANAK PESISIR yang menjadi binaan BAZNAS Kota Batam 2. Menjadi sarana ‘Public Show’ bagi program-program BAZNAS Kota Batam 3. Menguatkan ukhuwah diantara para Dai & Guru Anak Pesisir dengan BAZNAS sebagai pengelola program dan stakeholder baik pemerintah, instansi terkait maupun masyarakat secara umum.

Adapun tujuannya, diantaranya yaitu :

1. Menjadi sarana untuk menampilkan capaian dari peserta anak didik (santri) binaan para Dai dan Guru Anak Pesisir BAZNAS Kota Batam

2. Menjadi alat bagi BAZNAS Kota Batam untuk mengukur tingkat capaian yang dilakukan oleh para Dai & Guru Anak Pesisir. 3. Mendorong kreatifitas para Dai dan Guru Anak Pesisir didalam menjalankan tugastugasnya di masyarakat.

NAMA PROGRAM,

Kegiatan tahunan ini diberi nama “FESTIVAL BESTARI 2017” BAZNAS Kota Batam. PENJELASAN : sesuai dengan namanya FESTIVAL, maka didalam kegiatan tahunan ini akan diselenggarakan berbagai lomba-lomba untuk anak-anak dan masyarakat tempatan. Adapun pemilihan nama BESTARI adalah dimaksudkan untuk memperdalam wawasan ke-Islaman serta perbaikan akhlaq atau budi pekerti. Hal ini sejalan dengan misi BAZNAS Kota Batam untuk pemberdayaan masyarakat pesisir.

LOKASI,

FESTIVAL BESTARI 2017 BAZNAS Kota Batam diselenggarakan di TANJUNG GUNDAP, Kelurahan Tembesi Kecamatan Sagulung. PELAKSANAAN, Kegiatan festival dilaksanakan pada hari Jum’at – Sabtu, 22 s/d 23 Desember 2017.

LOMBA-LOMBA,

Kegiatan festival dilakukan dengan lomba-lomba di 5 (lima) bidang :

1. BErpidato 2. Shalat & Shalawat 3. Tahfidz, Tahsin & Tajwid 4. Adzan, dan 5. Rebana Islam

PESERTA,

Peserta festival adalah anak-anak, remaja, dan masyarakat binaan para Dai & Guru Anak Pesisir yang berada di wilayah binaan yang tersebar di pulau-pulau di Kecamatan Belakang Padang dan Bulang.

TEKNIK PROGRAM,

a. Kafilah, para Dai & Guru Anak Pesisir menentukan santri-santri mana yang berpotensi untuk diikutsertakan dalam lomba-lomba yang ditaja di ajang Festival BESTARI 2017 BAZNAS Kota Batam. Jumlah kafilah merupakan perwakilan dari wilayah binaan yang tersebar di lebih dari 20 pulau, sehingga minimal akan ada 20 kafilah.

b. Mabit, peserta dari masing-masing kafilah akan diikutkan mabit dengan pembekalan keagamaan di bidang aqidah dan akhlaq agar para peserta memiliki wawasan Islam yang luas dengan budi pekerti yang baik (bestari).

c. Lomba-2, berbagai ketrampilan di lima bidang diatas dilakukan lomba untuk menyeleksi dan menentukan pemenangnya.

d. Acara, festival BESTARI BAZNAS Kota Batam dikemas tidak hanya lomba-lomba diatas, akan tetapi dipadukan dengan pemberian santunan rutin di bidang sosial (BATAMPEDULI), pendidikan (BATAM CERDAS), dan juga dengan kegiatan lainnya seperti pemberian AWARD kepada Dai & Guru Anak Pesisir. Insya Allah.

KEPANITIAAN,

Kegiatan FESTIVAL BESTARI 2017 BAZNAS Kota Batam di selenggarakan dengan kepanitiaan sebagai berikut :

Penanggung-Jawab : Ir. Moch. Arief (Ketua BAZNAS Kota Batam)

Steering Committee : 1. Drs. Hamzah Johan (Pengarah) 2. Dra. Aminah 3. Ir. Mirwan Anthon Siregar, MM 4. Ahmadin, SE, MM, MSI

Organizing Committee (Pelaksana) Ketua Umum : M. Isa, SESy (baznas)

Sekretaris : Syailendra (baznas)

Bendahara : Normala, SE (baznas)

Koordinator Festival : Damis (dai)

Wakil : Rahmat (dai) Juri : Maktub Rowi, SPdI (baznas)

Logistik & Transportasi : Solikun (baznas) Konsumsi : Nyayu (dai) Asmidar (dai) Acara : Maktub Rowi, SPdI (baznas) ANGGARAN, Budget anggaran kegiatan ini terlampir.

SUMBER DANA,

1. BAZNAS Kota Batam 2. Pihak lain yang tidak terikat.

PENUTUP,

Demikian kegiatan tahunan FESTIVAL BESTARI 2017 BAZNAS Kota Batam diselenggarakan sebagai bentuk tanggungjawab lembaga kepada umat yang telah mempercayai BAZNAS untuk mengelola dana ZIS, dengan menampilkan beragam program semisal festival tahunan tersebut. Kepada stakeholder dan seluruh masyarakat, atas nama panitia kami menghimbau dan mengajak untuk ikut serta berpartisipasi untuk terselenggaranya kegiatan ini Atas pastisipasi semua pihak, kami sampaikan ucapan terima kasih.

ttd

Ir. H. Moch. Arief

(Ketua Baznas Kota Batam)